Melatih Optimis Itu Harus !

Sebagai seorang muslim yang baik dan telah di kenai kewajiban, sudah selayaknya kita selalu optimis dalam menjalani segala kehidupan yang kita lalui. Tentunya optimis tak hanya akan menentramkan hati serta jiwa kita, namun optimis mampu menjadi bumbu penyemangat untuk mendongkrak anthusiasme diri ini dalam mencapai tujuan yang ingin kita gapai suatu waktu nanti. Optimis adalah keharusan, karena tanpa optimisme yang terambat di hati secara menyeluruh dan berkelanjutan, entah apa yang akan terjadi pada diri ini dengan segudang ide apik yang siap di luncurkan agar menjadi nyata dan bermanfaat dunia serta akhirat.

Selain itu Optimis juga bisa menjadikan pribadi kita dan sekeliling kita (keluarga ataupun teman) lebih bahagia, lebih sehat dan lebih sukses. Sebagai manusia kita pasti sesekali waktu mempunyai keadaan dimana kita terkadang optimis dan terkadang pesimis. Malahan untuk sebagian orang justru sikap pesimis jauh lebih mendominasi dibandingkan sifat optimis. Karena itu PR berat bagi kita yang harus segera di kerjakan agar tak tertunda-tunda serta memberatkan diri kita adalah, bisakah kita melatih diri untuk menjadi lebih optimis ?. Mantab saja katakan, tentunya bisa dan pasti bisa jika kita mau untuk berusaha. Dan berikut beberapa tips untuk melatih diri kita lebih optimis yang saya sarikan dari Pengusaha Muslim.com dan thenextweb.com :

1. Dekatkan diri ke Alloh

Dengan mendekatkan diri ke Alloh Ta'ala, secara otomatis hati dan pikiran kita menjadi lebih tenang. Seperti kita tahu, Allah tidak akan membebani seseorang melebihi kemampuannya. Sehingga apapun yang terjadi pada hambaNya, kita harus selalu optimis, karena Alloh Ta'ala sudah mengatur segalanya detail dengan sebaik-baiknya rencana. Alloh maha tahu dan kita yang tidak mengetahui yang terbaik.

2. Ubah masalah menjadi tantangan

Masalah tentu saja akan menjadi masalah jika kita menganggapnya masalah. Dan hal ini justru akan membuat masalah tersebut menjadi lebih besar jika kita menganggapnya masalah (jangan bingung). Cobalah ubah pola pikir serta sudut pandang kita terhadap masalah tersebut, dari masalah menjadi sebuah tantangan yang harus di hadapai. Jangan sedikitpun lupa untuk melibatkan Alloh Ta'ala dalam setiap tantangan yang kita hadapi.

3. Motivasi diri kita.

Jika kita dihadapkan pada suatu tantangan baru, maka katakanlah kepada diri kita bahwa kita bisa dan kita insya'Alloh pasti berhasil. Karena kita meminta kepada sang pemilik semua urusan yaitu Alloh Ta'ala. Dan selalu katakan bantuan Allah akan segera datang, cepat atau lambat.


4. Bayangkan manfaat yang kita dapat

Bayangkan kesuksesan yang akan kita dapat setelah berhasil menyelesaikan tantangan tersebut. Bayangkan tingkat kesabaran kita yang lebih meningkat setelah tantangan tersebut rampung dengan tuntas. Bayangkan kesuksesan yang kita inginkan untuk terjadi setiap kali kita mendapatkan tantangan baru.

5. Ingat kesuksesan yang pernah kita raih

Jika kita merasa sangat jatuh karena masalah tersebut, maka ingatlah kesuksesan yang dulu pernah kita raih. Yakinkan diri kita, bahwa dengan ijinNya kita pasti berhasil lagi seperti keberhasilan yang dahulu. Dan tentunya janganlah lupa untuk mencatat setiap keberhasilan yang kita dapat dan masalah yang berhasil kita selesaikan. Ingatlah bahwa bantuan-bantuan Alloh Ta'ala selalu datang disetiap mendapat masalah kita. Tentunya jika terus intens (istiqomah) meminta petunjuk dari Alloh Ta'ala.




2 komentar

  1. Trims atas tipsnya, Mas Ivan. Semoga kita dapat menjadi pribadi-pribadi muslim yang selalu optimis dalam menatap dan menjalani kehidupan yaaa. Saleum. :)

    BalasHapus
  2. Yups, makasih juga atas kunjungan serta semangat ampuhnya yang tak kalah menginspirasi di tengah kesibukan yang super duper menguras tenaga dan pikiran. Makanya tak salah kalo jadi srikandi Acer 2013. :)

    BalasHapus

Beranda