Noom Walk, Pedometer Manusia

Pagi ini ada kabar istimewa menurut saya, karena satu aplikasi baru di Android dapat terinstal dan berdaya guna. Pernahkan sobat penasaran dan bertanya-tanya berapa "kiranya jumlah langkah kaki yang telah sobat lakukan dari tempat A ketempat B, atau kuantitas total jumlah langkah kaki kita dalam sehari ?". Jika memang demikian, kiranya aplikasi baru berbasis Android ini bisa membantu sobat dalam mengetahui berapa kiranya jumlah langkah yang telah kita besut dari satu lokasi kelokasi lain, atau total langkah kaki yang kita lakukan dalam sehari. Penasaran ?, monggo di cek yuk !.



Bermula dari langkah kaki ke Masjid

Salah satu hal yang kerap kali membuat kita penasaran, dan mungkin pernah terlintas di benak setiap orang adalah berapa jumlah langkah kaki kita lakukan menuju Masjid. Memang bukan ingin membanggakan diri yang pada akhirnya seringkali menimbulkan kesombongan. Akan tetapi mengetahui jumlah langkah kaki menuju Masjid kiranya akan cukup menentramkan hati kita, dimana dalam setiap langkah yang kita lakukan ternyata terganjar pahala menuju surgaNya.

Dan saya tidak bermaksud untuk menghitung jumlah pahala berdasarkan jumlah langkah kakinya. Penulis sadar bahwa ia bukanlah makhluk yang berkompeten untuk melakukan itu. Rasa penasaran seperti ini penulis anggap sebagai sesuatu yang natural. Sama seperti pertanyaan, "berapa kilometer jarak antara rumah dengan tempat kerja saya bila ditempuh dengan sepeda motor melalui rute X ?" Jika dahuu saya sekedar mabti atau menghitung dalam hati" saja, maka sekarang ini sudah tidak perlu lagi hal tersebut saya lakukan. Perkembangan teknologi telah begitu pesat, masapun kini telah berubah , dan Android kian mewabah. Apa-apa saat ini jadi ada aplikasinya. Termasuk untuk keperluan tadi (baca : menghitung langkah) .

Noom Walk

Aplikasi yang saya maksudkan di sini adalah Noom Walk. Aplikasi besutan Noom, Inc., ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Untuk mengunduh aplikasi berukuran kurang dari 1,60 MB ini, pengguna tentunya diharuskan menggunakan smartphone berbasis Android. Saya sendiri mencoba Noom Walk yang diperuntukkan buat Android ini di ponsel Samsung Chat yang terbeli gratis, setelah pencairan sebuah Lomba Blog beberapa waktu ini. Bagi pengguna iPhone, Selain di platform Android, Noom Walk juga sudah tersedia di Apple App Store dengan harga Rp.0,00 alias gratis tak berbayar.

Sebelum menggunakan aplikasi dengan desain dan fungsi sederhana ini, para calon user diwajibkan untuk mendaftarkan diri dulu alias register. Proses registrasi ini membutuhkan koneksi internet sehingga pengguna disarankan untuk tetap berada di area yang dinaungi jejaring internet.

Sewaktu melakukan pendaftaran, Anda tidak perlu takut gagal karena field yang harus diisi tidaklah sebanyak field registrasi Yahoo ataupu Gmail. Bahkan apabila Anda malas mengisi field registrasi, Anda juga diperkenankan untuk masuk ke Noom Walk menggunakan akun facebook atau Google+. Dan dalam pendaftaran kali ini saya memanfaatkan akun Facebook yang telah singgah selama beberapa saat di Android yang saya miliki.

Penting !, koneksi dengan internet disini hanya dibutuhkan pada saat pendaftaran. Setalah sukses mendaftar, kita bisa memakai Noom Walk tanpa harus selalu terkoneksi dengan internet. Nah, seumpama ada pengguna yang tinggal di daerah 'lalot internet', Noom Walk layaknya oase di gurun sahara. Surga dunia....seger Ki Sanak !

Bagaimana Penggunaannya ?

Gampang banget !, Itulah komentar saya setelah menguji coba aplikasi ini selama beberapa menit setelah pengunduhan dan penginstalan. Pagi ini setelah Noom Walk terinstasl, saya coba jalan-jalan kepelataran dan teras rumah. Awalnya hanya 5 langkah (bukannya pacara 5 langkah), setelah itu saya sedikit joging kecil kesana kemari yang dilanjutkan jalan kecil-kecil. Dan setelah beberapa saat, langkah kaki yang terproduksi mencapai 500 langkah.

Pewajahan Noom Walk di Gadget berjenama Samsung yang telah mulai usang.

Setelah itu, saya biarkan Noom Walk beraksi sendiri. Noom Walk bisa berjalan normal di background sehingga tidak akan mengganggu kinerja smartphone kita saat digunakan untuk kepentingan lain seperti menelepon, sms, BBM-an, atau mengambil foto. Menariknya, tidak seperti aplikasi fitness dan pedometer Android pada umumnya, Noom Walk mampu berfungsi dengan baik meski tanpa GPS maupun internet.

Tersaji Fitur Sosial

Noom Walk meminta semua penggunanya untuk melakukan proses registrasi karena hal ini sangat terkait dengan fitur sosial yang sudah disediakan di dalamnya ; high five dan comments. Dengan "High five", Anda bisa memberikan apresiasi kepada pengguna Noom Walk lain yang menurut Anda layak diberi penghargaan. Misalnya saja karena jumlah langkah per harinya bisa melebihi rekor Anda selama seminggu atau karena sudah memberanikan diri untuk mencoba aplikasi ini.

High five mengingatkan kita pada tombol like di facebook. Sementara "comment" memungkinkan Anda memberi komentar kepada pengguna lain berdasarkan capaian mereka masing-masing. Pengguna yang capaiannya bisa dilihat adalah mereka yang tidak memilih modus "private" di panel setting aplikasi. Dengan kata lain, bila Anda tidak suka capaian Anda terpublikasi dan dilihat orang lain, maka Anda harus mengaktifkan fitur opsi "private mode". Sederhana bukan Ki Sanak ?

Kedua fitur sosial tadi, tentu saja baru bisa dilihat dan difungsikan setelah kita terkoneksi ke internet. Jadi, pada saat koneksi internet sedang hilang atau tidak tersedia, Noom Walk akan berfungsi layaknya sebuah pedometer murni, sebuah alat yang berfungsi untuk menghitung jumlah langkah kaki Anda. Itu saja. Simple dan berdaya guna bukan ?.


"Me" dan "Everyone"

Ada dua tab di Noom Walk ; "Me" dan "Everyone". Tab "Me" menyimpan semua data tentang pengguna sendiri, yakni saya dan Anda. Di tab ini, kita bisa melihat berapa jumlah langkah kaki kita dalam tiga periode waktu sekaligus; Today, Week, dan All Time. "Today" menunjukkan jumlah langkah kaki kita hari yang sedang berjalan. "Week" untuk melihat jumlah langkah kaki kita selama satu minggu berjalan. Dan "All Time" memperlihatkan jumlah langkah kaki kita sejak pertama kali menggunakan Noom Walk. Di tab "everyone", kita akan menjumpai semua fitur yang ada di "Me" plus data pengguna lain serta fitur high five dan comments.

Noom Walk dan Kesehatan Kita

Bagi kita-kita yang jarang berolah raga atau melakukan aktivitas sekedar jalan kaki ringan, rasanya fitur aplikasi berbasis android ini cukup membantu. Noom Walk dapat kita gunakan sebagai aplikasi rekanan untuk memantau berapa langah kaki yang kita lakukan dala setiap harinya. Jika dalam kesehatan ada capaian minimal berapa langkah kaki yang baik untuk mendapatkan tubuh sehat serta bugar setiap harinya, maka aplikasi ini dapat kita gunakan untuk mencapai apa yang kita lakukan.

Banyak bergerak memang bukanlah satu-satunya faktor yang bisa menunjang kesehatan kita. Tapi kita juga tidak bisa memungkiri bahwa gaya hidup sehat juga ditentukan oleh seberapa sering kita bergerak dalam seharinya. Dengan adanya Noom Walk yang gratis dan ringan, mudah-mudahan kita bisa terus bersemangat untuk bergerak dan bergerak tiap harinya. Melangkahkan kaki ke masjid seperti yang saya ceritakan di atas sebenarnya hanyalah salah satu contoh kecilnya. Kalau tertarik mencoba Noom Walk, jangan ragu-ragu mengunduhnya sekarang juga. Catatan : harus udah punya hape berbasis android. Dan aplikasi ini sekali lagi Gratis, Gratis dan Gratis....

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beranda