Sebuah Tanya Sebelum Memulai Usaha [Bagian 3]



11. Apa yang membuat strategi marketing berhasil ?

Saat menciptakan strategi marketing, ingatlah 4P pemasaran, meliputi "Produck, Price, Promotion and Place.

- Produk —Barang atau jasa apa yang kita tawarkan ? Bagaimana produk Anda lebih baik daripada yang ditawarkan kompetitor ? Mengapa orang ingin membeli/menginginkannya ?
- Price (Harga) — Berapa banyak yang harus Anda kenakan ? Bagaimana Anda menemukan keseimbangan antara volume penjualan dan harga untuk memaksimalkan pendapatan ?
- Promotion (Promosi) — Bagaimana produk atau jasa Anda ditempatkan dalam pasar? Apakah produk Anda memberikan kesan premium dengan harga yang sepadan? Apakah ini akan murah, tidak meniru yang ditawarkan bisnis lain yang serupa? Jenis iklan dan kemasan yang bagaimana yang akan digunakan?
- Place (Tempat) — Jalur penjualan mana yang akan digunakan ? Apakah kita menjual melalui telepon, atau produk dijual di outlet ritel ? Jalur mana yang secara ekonomi mencapai pasar kita ?

Strategi marketing harus merangkum temuan kita terkait dengan deskripsi target pembeli, segmentasi pasar dimana perusahaan berkompetisi, posisi unik perusahaan dan produknya yang bersaing, alasan mengapa ini unik atau menarik pembeli, dsb.

12. Apa yang harus kita ketahui sebelum membuat brosur pemasaran?

Brosur pemasaran bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama atau pendek. Ini bisa mewakili bisnis kita bagi pembeli potensial dan sebagai lembar referral bagi pelanggan yang sudah ada. Menentukan tujuan dan sasaran brosur pemasaran sebelum kita mulai mendesain dan menulis. Ingatlah, brosur ini mewakili kita dan bisnis yang ada. Pastikan tampilannya baik dan melengkapi bisnis kita. Berikut beberapa tip saat Anda sudah siap memulainya.

- Menyatakan pesan kita di depan—Pesan penjualan harus nampak di bagian sampul brosur. Misalnya, “Susu Kedelai Profit, Susu Kedelai 100% Alami Nutrisi Keluarga"
- Mencantumkan gambar grafis nan menarik. Jika ruang kita terbatas, sebuah foto atau grafis besar lebih baik daripada beberapa gambar kecil yang tidak menggambarkan produk atau jasa kita dengan jelas.
- Gambar foto dibaca dua kali lebih sering seperti salinan utama
- Menyiapkan penyimpanan, buatlah brosur kita layak disimpan. - Cantumkan jadwal acara kita yang spesifik terkait dengan industri atau data yang bermanfaat, untuk klien potensial di masa datang.
- Mutu adalah kunci publikasi kita yang mencerminkan usaha serta kepribadian siempunya. Dengan menggunakan satu hingga empat warna dalam brosur akan membuatnya nampak lebih menonjol, dibandingkan warna hitam dan putih. Stok kertas yang berkwalitas juga penting (dan gunakan kertas berwarna atau gradasi jika Anda memilih menggunakan tinta hitam). Ingat untuk mempertimbangkan berat kertas terkait dengan ongkos kirim.

Sangat bijak jika brosur yang ada didesain profesional. Jadi meskipun kita memiliki ketrampilan grafis komputer, hal terbaik adalah menyerahkan desain pada ahlinya.

13. Bagaimana kita meningkatkan layanan pelangan dalam bisnis ?

Tahukah kita bahwa pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik saat karyawan didorong untuk mewujudkannya. Ini tidak berarti bersikap lunak dengan kebijakan yang kita produksi, tapi memiliki tingkat fleksibilitas. Ingatlah, pelanggan yang menghilang akan menyebarluaskan berita ketidakpuasan mereka, yang mengakibatkan lebih banyak pelanggan yang hilang. Tinjau alasan yang paling sering muncul di layanan pelanggan yang buruk.


----------------------------------------------------------
Beca Juga :
----------------------------------------------------------

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beranda